Uji Bahaya Asap Rokok Terhadap Paru-Paru



kata pengantar
Alhamdulillahi Rabbil Alamin

     Puji syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena berkatNyalah penulis dapat menyelasaikan laporan hasil praktikum ini. Tak lupa kita kirimkan salam dan shalawat atas junjungan Rasulullah SAW yang telah membawa kita dari alam yang gelap gulita ke alam yang terang benderang.

     Dalam penyusunan laporan hasil praktikum ini tentu saja jauh dari kesempurnaan. Karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritikan demi penyempurnaan dan perbaikan laporan ini.

     Akhirnya kepada seluruh pihak yang turut memberikan partisipasi dalam terwujudnya hasil praktikum ini, tak lupa pula kami ucapkan terima kasih.

    Mudah-mudahan laporan hasil praktikum ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut.


Penulis
( kelompok VI )


BAB I PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
                 Rokok mengandung zat-zat yang sangat berbahaya. Apabila rokok dihisap terus-menerus maka akan merusak organ tubuh terutama paru-paru secara perlahan. Hal seperti ini sudah pasti diketahui oleh banyak orang akan bahayanya rokok bagi tubuh, tapi terkadang orang yang sudah terbiasa merokok merasa sulit untuk berhenti dikarenakan sudah mengalami kecanduan. Yang lebih membahayakan yaitu apabila kita berada didekat orang yang sedang merokok dan secara tidak sengaja kita menghirup asapnya. Orang yang menghirup asap rokok lebih potensial terserang penyakit daripada orang yang merokok secara langsung. Karena otomatis asap yang terhirup akan masuk ke paru-paru ataupun sampai mencapai alveolus.

B.      Tujuan Penelitian
   Tujuan penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui efek atau dampak asap rokok terhadap paru-paru dengan menggunakan alat yang dirangkai secara khusus.

BAB II KAJIAN PUSTAKA
                Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak buruk bagi kesehatan. Diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), racun serangga (DDT), gas beracun (hydrogencyanide) yang digunakan di “kamar gas maut” bagi orang yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi. Pada zat rokok yang paling berbahaya yaitu Tar, Nikotin, dan Karbon Monoksida. Tar mengandung empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker. Nikotin mempunyai zat dalam rokok yang dapat menyebab ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti merokok. Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung.
            Oleh karena itu, kami melakukan pengujian untuk membuktikan secara langsung tentang bahaya asap rokok terhadap paru-paru.


BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Alat dan Bahan:
1.       Pipet
2.       Pipa U
3.      Kapas
4.      Pompa pengisap
5.      korek
6.      Rokok

Cara Kerja:
1.       Pada pipa U dimasukkan sedikit kapas putih.
2.       Masukkan pipet yang diikuti dengan menyumbat kedua ujung pipa U dengan     menggunakan kapas. Sumbat sampai benar-benar tidak ada cela.
3.      Pada ujung pipet bersambung dengan sebatang rokok.
4.      Selanjutnya rokok dibakar dan tekanlah pompa pengisap sehingga rokok menghasilkan asap lakukan terus menerus sampai rokok habis.
5.      Perhatikanlah kapas saat terkena asap rokok.
6.      Setelah rokok habis ambillah kapas yang berada di dalam pipa U tersebut dan amati yang terjadi.


Hasil Pengamatan
           Pada percobaan ini dengan menggunakan rokok yang bermerek sampoerna, maka kapas yang berada di dalam pipa U sedikit demi sedikit berubah warna menjadi kecoklatan saat terkena asap dari rokok. Jika dibandingkan dengan warna kapas sebelumnya sudah pasti akan terlihat jelas seperti pada gambar di bawah ini.

BAB IV
A.Kesimpulan:

      Dari hasil percobaan kami dapat mengambil kesimpulan bahwa merokok dapat menyebabkan paru-paru menjadi rusak, seperti yang terjadi pada kapas yang awalnya berwarna putih bersih dan pada saat terkena asap rokok menghasilkan warna kecoklatan. Kapas pada percobaan ini diumpakan sebagai dinding alveolus. Perubahan yang terjadi diakibatkan karena adanya zat yang terkandung di dalam rokok yaitu Tar yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

B.Saran

   Untuk sesorang yang belum pernah merokok janganlah sekali-kali ingin mencoba mengisap rokok karena telah diketahui bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Memang pada saat merokok tidak terlalu menimbulkan efek yang berbahaya tapi jika lama kelamaan rokok akan menimbulkan kanker, serangan jantung sampai berujung pada kematian.

          
keterangan gambar :







DAFTAR PUSTAKA
http://kann sicherlich.blog.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Tantangan Dai Menurut Surah As-Saf Ayat 2-3

Makalah Konsep Syariah Dalam Pengembangan Produk Bank Syari'ah (Word dan Power Point)